Tempat Wisata Berbudaya Akulturasi

2 min read

Tempat Wisata Berbudaya Akulturasi – Akulturasi adalah sebuah percampuran budaya yang terjadi antara budaya asli dan budaya pendatang yang bersifat baru. Percampuran ini menghasilkan sebuah kebudayaan baru tanpa menghilangkan sifat budaya aslinya. Berbeda dengan pluralisasi yang notabennya mencampuradukan dua jenis kebudayaan. Akulturasi bisa dibilang bersifat positif selama itu tidak mengabaikan kemurnian dari budaya aslinya.

contoh teks eksplanasi bangunan bersejarah
contoh teks eksplanasi bangunan bersejarah

Indonesia yang merupakan bekas negara jajahan telah mendapatkan berbagai bentuk akulturasi budaya. Akulturasi tersebut didapatkan dari berbagai negara seperti belanda, india, perancis, timur tengah dan lain sebagainya. Hingga saat ini pun berbagai peninggalan kuno bergaya luar pun juga sering kita temukan. Misalnya saja candi prambanan dan candi boroburu, apakah kedua candi ini adalah hasil budaya jawa? tentu saja tidak. Keduanya merupakan percampuran antara jawa dan india (hindu budha).

Tempat Wisata Berbudaya Akulturasi

Nah untuk mempelajari apa itu akulturasi secara singkat maka saya membuat struktur teks eksplanasi pada artikel ini. Dengan demikian kita bisa sedikit mengerti tentang dampak percampuran dua budaya. Selain itu artikel ini dibuat sebagai bentuk referensi tempat wisata dengan gaya akulturasi. Lantas seperti apa bentuk akulturasi yang terjadi di Indonesia?

Seni bangunan

Arsitektur merupakan sebuah pemilihan seni dalam membangun sebuah bangunan. Tanpa sadar dalam hal seni bangunan kita telah mengikuti arus akulturasi yang terjadi. Hal ini bisa dengan mudah dibuktikan oleh keberadaan candi prambanan di yogyakarta ataupun candi borobudur di magelang. Jika dinalar bagaimana dua buah candi bisa memiliki gaya bangunan yang berbeda? padahal keduanya masih berada di tanah jawa. Hal ini disebabkan karena akulturasi yang berbeda antara kedua bangunan bersejarah tersebut.

Pada candi prambanan mengikuti bentuk menyerupai candi hindu di india. Ukiran dinding serta berbagai patung yang dibuat didalamnya bisa dijadikan sebagai bukti kuat bahwa peradaban hindu pernah membaur di tanah jawa. Begitu juga dengan candi borobudur yang mengikuti gaya bangunan agama buddha.

Kesenian tari

Jika anda ingin melihat kesenian tari yang telah mendapatkan akulturasi dari berbagai elemen kita bisa menuju ke betawi. Meskipun masyarakat betawi bermukim dan menyebar di berbagai penjuru jakarta. Mulai dari pesisir pantai, kota, hingga pinggiran kota sekalipun. Perbedaan tempat tinggal tersebut menciptakan perbedaan yang tidak biasa akibat dari pembiasaan sosial.

Selain itu ketika orang betawi melakukan interaksi dengan suku lain juga dapat mempengaruhi terjadinya akulturasi. Tidak heran jika tari betawi ada beberapa versi dan setiap versi memiliki gerakan, alunan musik, dan ritme yang berbeda. Misalnya saja tarian lenong, gambang krokong, dan tarian cokek yang tercipta dari akulturasi antara betawi dan cina.

Pakaian sehari hari

Adat berpakaian adalah sebuah ciri khas dari suatu daerah. Jadi setiap daerah memiliki pakaian adat yang berbeda beda antara satu sama lain. Namun seiring berjalannya waktu penggunaan pakaian adat tersebut semakin mengalami akulturasi akibat budaya barat. Sekarang orang cenderung mengenakan kaos maupun celana jeans untuk berbusana. Contoh teks eksplanasi ini saya buat karena saya sendiri merasa kita perlu memberikan penekanan pada budaya berpakaian.

Kita tidak perlu kemana mana untuk melihat bentuk akulturasi budaya yang satu ini. Sekarang ini saja bisa dipastikan kalau kita sedang memakai kaos maupun celana kolor yang merupakan produk budaya dari luar negeri. Meskipun demikian pakaian adat tidak serta merta dilupakan. Penggunaanya sekarang lebih condong pada upacara adat maupun acara acara penting lainnya seperti pernikahan dan perjamuan.

Selain tempat diatas masih banyak sekali tempat wisata dengan budaya akulturasi lainnya. Hanya saja tempatnya tersebar dan belum kita bahas secara total dalam artikel pendek ini. Mempelajari tempat wisata bersejarah memang sangat menyenangkan karena kita bisa mendapatkan ilmu sembari jalan jalan. Sebagai saran cobalah mengunjungi museum yang menyediakan berbagai pajangan tentang aksara kuno. Hal itu bisa menambah pengetuan kita seputar akulturasi yang terjadi ditengah masyarakat. Nah itulah sedikit contoh teks eksplanasi tentang tempat wisata menyenangkan. Selalu ikuti dan dukung saya untuk mendapatkan update konten terbaru.

5 Tips Liburan Hemat dan Tetap Seru

Apa di antara Anda ada yang sudah mulai menyiapkan rencana untuk berlibur di akhir tahun? Dengan adanya tanggal merah dan berbagai momen selebrasi di...
Dirst Darin
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *