Kebiasaan Buang Sampah yang Merusak Lingkungan

1 min read

Saat ini negara Indonesia adalah salah satu negara yang masuk jajaran negara paling banyak menghasilkan sampah plastik dan juga masuk jajaran negara yang paling banyak membuang sampah ke lautan. Hal ini bukanlah sesuatu yang bisa dibanggakan dan seharusnya kita cukup malu dengan hasil ini.

Tak heran memang, saat ini saja khususnya di kota besar, masih banyak orang yang kesadaran buang sampahnya masih sangat rendah.

Masih banyak orang yang membuang sampah di jalan tol dan bukan di tempat sampah plastik besar, masih banyak yang buang sampah di jalanan biasa, yang buang sampah ke sungai pun masih banyak.

Jelas hal – hal ini adalah salah satu hal yang sangat bisa merusak lingkungan dan benar saja banyak dampak negatif yang pada akhirnya terjadi seperti banjir akibat tersumbatnya saluran air, timbulnya berbagai penyakit kulit, sampai kepada kerusakan ekosistem atau biota di bawah laut.

Oleh karenanya banyak hal yang harus kita sadari mengenai sampah yang kita buang secara sembarangan seperti halnya di bawah ini :

  1. Butuh ratusan tahun untuk bisa mengurai sampah plastik

Jangan sampai kita seenaknya membuang sampah plastik ke lingkungan. Karena perlu kamu ketahui bahwa sampah plastik butuh waktu yang sangat lama agar bisa benar – benar hancur dan terurai secara alami oleh alam.

Jadi sampai kita punya keturunan ketujuh pun sampah plastik akan tetap utuh di dalam tanah. Tidak hancur dan malah mencemarkan tanah dan juga air tanah.

  1. Lebih rentan terhadap penyakit

Penyakit – penyakit yang ditimbulkan oleh sampah jelas sangatlah banyak. Karena banyak sampah berarti tempat tersebut akan menjadi tempat bersemayamnya kuman dan juga bakteri.

Harapan hidup orang yang tinggal di tempat yang tidak terawat dan banyak sampah dengan yang tinggal di lingkungan yang sehat dan terawat pasti berbeda. Orang yang hidup di tempat yang sehat biasanya memiliki masa hidup yang lebih lama.

Hal ini sudah terbukti dengan membandingkan dengan masa hidup masyarakat dengan maju, berkembang, dan negara miskin.

Maka dari itu, jangan pernah sekalipun kita menyepelekan sampah. Dan pastikan minimal kita buang sampah pada tempatnya agar kebersihan lingkungan bisa lebih terjaga.

5 Jenis Tanaman Hias Bunga Favorit

Berikut beberapa bunga atau kembang yang sering menjadi favorit dikarenakan banyak sekali yang menanam dan merawat bunga ini dihalaman serta pekarangan mereka. Selain itu...
Dirst Darin
2 min read

Ternyata Begini Kiat Untuk Mengelola Sampah Saat Mendaki Gunung

Saat ini trend naik gunung memang sedang bagus – bagusnya. Semua gunung di Indonesia kini sedang laris – larisnya didaki oleh para wisatawan untuk...
Dirst Darin
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *