Perbedaan Flange Baja Karbon dan Flange Besi Cor

1 min read

Perbedaan flange baja karbon dan flange besi cor cukup banyak. Meskipun kandungannya tidaklah terpaut jauh, tapi keduanya adalah dua benda yang berbeda. Baja karbon memiliki kandungan 99% besi dan 1% karbon, sementara besi cor memiliki 97/98% besi dengan karbon sekitar 3% atau 2%.

Dari sini bisa kita lihat bahwa perbedaan kedua jenis bahan flange ini tak terlalu terpaut jauh. Tapi siapa sangka kalau sedikit perbedaan ini sangat berperan penting dalam ‘kekuatannya’.

Kira-kira seperti itu lah analogi kandungan baja karbon dan besi cor, jika ingin lebih spesifik lagi, berikut adalah penjelasannya.

Perbedaan Flange Baja Karbon dan Flange Besi Cor

  • Komposisi Bahan

Besi cor memiliki kandungan karbon yang lebih tinggi daripada baja karbon. Kalau besi cor bisa berada di atas 2%, kandungan karbon milik baja cuma di bawah 2%.

Ada beberapa jenis tingkatan baja, ada baja karbon rendah, sedang, tinggi dan sangat tinggi. Tapi untuk pembuatan flange, tingkat yang dipakai adalah baja karbon rendah.

Jadi jika kandungan karbon besi cor bisa sampai 2%, untuk baja karbon cuma 0,3% atau katakanlah di bawah 1%.

Semakin kecil kandungan karbon, kekuatan besi akan semakin telihat.

  • Kekerasan

Perbedaan flange baja karbon dan flange besi cor berikutnya adalah tingkat kekerasan kedua bahan. Besi cor lebih mudah dibentuk, katakanlah tidak cukup keras.

Ketika mengenai panas, besi cor bisa meleleh. Kepadatanya lebih rendah dibanding baja ringan. Oleh karena itu, flange baja karbon lebih kuat dan lebih tahan pada tekanan  tinggi dibanding besi cor.

Jika Anda tertarik dengan flange baja karbon ini, Anda dapat membelinya di tempat jual flange stainless, Anda bisa menemukan berbagai flange dengan harga-harga bersahabat yang tersedia untuk berbagai tipe dan standart.

  • Biaya

Soal biaya, besi cor lebih murah daripada baja karbon. Tapi melihat kekuatannya yang lebih unggul baja karbon, itu adalah hal yang wajar.

Apapun pilihan Anda, pikirkan hal-hal yang meliputi apakah cocok dan tidak cocok seperti melihat: kondisi lingkungan, tingkat korosi, tekanan, jenis aliran yang dilewati dan lain-lain agar pilihan antara besi dan baja ini bisa Anda peroleh dengan tepat.

Perbedaan flange baja karbon dan flange besi cor yang terakhir adalah baja karbon cocok untuk tekanan tinggi. Sementara besi cor, lebih baik untuk pipa tanpa tekanan.

Kebutuhan pembuatan plakat terus meningkat

Dengan semakin banyaknya acara-acara, event-event atau kejuaraan – kejuaraan yang di adakan di berbagai daerah dan wilayah di indonesia, membuat pusat kerja jina souvenir...
Dirst Darin
1 min read

Abimanaseo Memberikan Laporan Pengerjaan Yang Lengkap

Salah satu layanan yang Abimanaseo berikan pada jasa SEO website nya ini adalah report website yang akan dikirimkan sekali dalam sebulan. Kegunaan laporan ini...
Dirst Darin
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *