Cara Membuat Minyak Goreng Kelapa dengan Mudah

2 min read

Minyak Goreng Kelapa

Minyak kelapa berasal dari daging kelapa (Cocos nucifera), yang dapat diproses kering dan basah. Proses pembuatan minyak kering dilakukan dengan membuat kopra kemudian ditekan untuk menghasilkan minyak.

Proses pembuatan minyak kelapa basah dikelompokkan menjadi 2 cara, yaitu proses ekstraksi dan proses fermentasi. Berikut ini kami akan mengulas cara membuat minyak kelapa dengan mudah.

Cara membuat minyak kelapa kali ini dengan fermentasi akan memberikan beberapa kemudahan, yaitu: tidak boros energi, waktu pemrosesan lebih cepat, dan juga produksi skala besar akan sangat menguntungkan. Kelapa dikenal sebagai tanaman multiguna, karena semua bagian tanaman ini bermanfaat bagi kehidupan manusia.

Selain sebagai sumber minyak nabati, tanaman kelapa juga merupakan sumber pendapatan bagi keluarga petani, sebagai sumber devisa, penyedia lapangan kerja, pemicu dan pendorong pertumbuhan pusat ekonomi baru, dan sebagai pendorong pertumbuhan dan perkembangan industri hilir berbasis minyak kelapa dan produk-produk bersamanya.

Beberapa jenis kelapa yang bisa Anda gunakan adalah kelapa dalam, kelapa dalam, kelapa hibrida, dan kelapa deres. Kelapa dalam mulai menghasilkan buah agak lambat (antara 6-8 tahun), dengan keuntungan termasuk: daging buah tebal dengan kandungan minyak tinggi, dan lebih tahan terhadap hama dan penyakit.

Kelapa hibrida diperoleh dari persilangan antara varietas awal dan varietas kelapa. Karakteristik unggul kelapa hibrida meliputi: berbuah lebih cepat (sekitar 3-4 tahun setelah tanam), daging buah tebal, keras, dan kandungan minyak cukup tinggi.

Produksi minyak kelapa dengan proses fermentasi, adalah pengganti untuk proses pembuatan minyak kelapa menggunakan panas yang intensif energi, dan karena jumlah energi yang tidak terkontrol dapat menghasilkan minyak dengan kualitas konstan setiap saat, hanya dengan menyesuaikan rasio bahan baku ke ragi atau enzim yang digunakan, dan teknologi fermentasi ini bisa dilakukan di rumah.

Minyak kelapa adalah minyak yang diperoleh dari kopra (daging kelapa kering) atau dari jus santan. Kandungan minyak dalam daging kelapa diperkirakan mencapai 30% -35%, atau kandungan minyak dalam kopra mencapai 63% -72%.

Minyak kelapa, seperti minyak nabati lainnya, adalah senyawa trigliserida yang terdiri dari berbagai asam lemak dan 90% darinya adalah asam lemak jenuh. Selain itu minyak kelapa mentah juga mengandung sejumlah kecil komponen non-lemak seperti fosfatida, gusi, sterol, tokoferol, asam lemak bebas, dan sejumlah kecil protein dan karoten. Sterol berfungsi sebagai stabilisator dalam minyak dan tokoferol sebagai antioksidan.

Cara Membuat Minyak Kelapa

Alat

  •     Guci plastik yang dilubangi dan dihubungkan dengan pipa plastik sepanjang 30 cm.
  •     Waskom
  •     Saring
  •     Gelas pengukur
  •     Gelas gelas
  •     Keseimbangan
  •     Termometer

Bahan

  •     Kelapa parut 1kg (bisa gunakan mesin parut kelapa)
  •     Air hangat dengan suhu 50-600C
  •     Roti Ragi (permifan)

Cara Mudah Membuat Minyak Kelapa Goreng

Pembuatan krim santan

  1.     Hal pertama yang harus dilakukan adalah parut kelapa, proses kisi kelapa itu sendiri dapat dilakukan dengan tangan atau membuatnya lebih mudah dan lebih efisien untuk menggunakan mesin parut kelapa.
  2.     Abon kelapa disiram dengan air hangat (suhu 50-600C) sebanyak 1 liter, lalu diperas hingga sebanyak 1,5 liter santan. Untuk mendapatkan hasil maksimal, pulp yang didapat bisa disiram lagi dengan 0,5 liter air hangat, lalu diperas lagi. Anda juga dapat menggunakan Mesin Pemeras Batok Kelapa.
  3.     Santan yang diperoleh dimasukkan ke dalam toples yang telah dihubungkan dengan selang plastik di bagian bawah.
  4.     Tutupi toples yang sudah diisi santan dengan kertas agar tidak banyak
  5.     terkontaminasi, lalu simpan selama 6-12 jam sehingga ada pemisahan antara air dan krim santan.
  6.     Setelah air dan krim santan terlihat terpisah. Buang air melalui selang di bagian bawah toples, sehingga yang tersisa di toples hanya santan krim.

Fermentasi dan inkubasi

  1.     Timbang krim santan yang diperoleh, lalu tambahkan roti ragi sebanyak 0,5% dari berat santan, lalu aduk hingga merata.
  2.     Tutup dan simpan krim santan yang telah diberi ragi di ruang inkubasi dengan suhu 300C selama 24 jam. Selama inkubasi ini proses fermentasi oleh ragi akan berlangsung.
  3.     Setelah masa inkubasi mencapai 24 jam, minyak yang terbentuk akan tampak berada di permukaan. Kemudian pisahkan minyak dari bahan lain yang mengendap di bawahnya, lalu panaskan selama 10-40 menit.
  4.     Setelah itu masukkan minyak ke dalam toples

Itulah beberapa langkah dan Cara Membuat Minyak Goreng Kelapa dengan Mudah dan tentunya tidak mudah bau. Selamat mencoba dan selamat bereksperimen dengan minyak kelapa buatan Anda sendiri. Anda juga dapat mencoba mesin es salju. Terima kasih

Produk Cottonink yang Banyak Diminati

Beberapa toko online menawarkan produk buatan cottonink dengan harga yang bersahabat. Banyaknya toko online yang menawarkan produk brand ini disebabkan oleh tingginya permintaan akan...
Dirst Darin
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *