Cara Membuat Roti Canai

2 min read

Cara Membuat Roti Canai

cara membuat roti canai – Ide membuat roti tebu muncul ketika saya melihat orang makan roti tebu dengan mie yang dibuat langsung dengan mesin pembuat mie. Di sini saya akan menjelaskan cara membuat roti tebu mudah.

Tahukah Anda bahwa ternyata membuat roti tebu itu mudah. Lebih murah daripada membeli di toko atau toko. Bahan-bahan yang mudah didapat dan bahan untuk membuatnya bisa dibilang murah. Di bawah ini saya akan menjelaskan cara membuat roti tebu.

Definisi Roti Cane

Roti tebu (canai) adalah jenis roti pipih dengan pengaruh India, yang ditemukan di Indonesia dan Malaysia.

Roti ini dapat ditemukan di Singapura, roti seperti ini disebut roti prata. Dapat ditemukan di outlet mamak di Malaysia atau di restoran Aceh di Indonesia. Bentuk dan bahannya mirip dengan kerotta porotta.

Roti ini sangat rata karena dibuat dengan memutarnya menjadi tipis, lalu dilipat dan dibakar dengan minyak, atau bisa juga ditaburkan adonan setipis mungkin di atas panggangan. Di Indonesia, roti canai disajikan dengan bumbu kari kambing atau domba.

Cara membuat roti gulung

Bahan dalam Cara membuat roti gulung

  •     600 gram tepung
  •     2 butir telur ayam
  •     100 ml minyak goreng
  •     300 ml air hangat
  •     2 sendok makan susu bubuk
  •     2 sdt. Gula halus
  •     1 sendok teh garam
  •     Margarin secukupnya
  •     Minyak goreng secukupnya (untuk merendam adonan)
  •     Alat Yang Kami Gunakan di Cara Membuat Roti Rolled
  •     Pisau
  •     Kompor
  •     Garpu
  •     Kain bersih
  •     Loyang / wadah

Langkah-langkah cara membuat roti gulung

  1.     Masukkan 2 telur ayam, air hangat dan minyak goreng dalam satu wadah / panci. Kocok dengan garpu atau mixer roti, aduk sampai bahan tercampur rata.
  2.     Tambahkan tepung, garam, gula rafinasi, dan susu bubuk. Uleni adonan dan banting adonan sampai lengket dan halus.
  3.     Bulatkan adonan ke ukuran yang diinginkan. Jika saya sekitar 1/2 ukuran bola ping pong. Lalu rendam adonan dalam minyak goreng. Tutup wadah dengan kain bersih dan diamkan selama 1 hingga 2 jam.
  4.     Setelah adonan direndam dalam minyak, oleskan ke lapisan tipis, tetapi jangan biarkan adonan pecah, lalu oleskan mentega secara merata.
  5.     Gulingkan adonan menjadi oval, lalu tarik sehingga adonan menjadi lebih panjang
  6.     Gulung adonan ke arah yang berlawanan sampai terbentuk seperti huruf ‘S’. Kemudian satukan / susun adonan.
  7.     Ratakan adonan hingga lebar, saat ditarik karena adonan agak keras. Ulangi langkah dari 4-7 hingga bola adonan habis.
  8.     Goreng dalam Teflon tanpa minyak sampai menjadi coklat. Roti gulung siap disajikan dengan susu kental manis / es krim / selai / parutan keju / saus kari, dll.
  9.     Jika Roti Canai belum selesai satu kali makan dapat disimpan dalam freezer dan kemudian dipanaskan lagi di Teflon dengan sedikit mentega. Dapat juga disimpan dalam showcase yang berkualitas

Tips untuk Memulai Bisnis Penjualan Roti Canai

1. Anda harus belajar cara membuat roti gulung

Sehingga rasa yang diperoleh sesuai dengan selera masyarakat Indonesia.

2. Siapkan Alat yang Digunakan

Mixer, yang digunakan untuk membentuk adonan utama untuk membuat roti gulung. Mesin proofer atau kabinet pembuat roti gulung, berfungsi untuk mempercepat proses pengembangan adonan roti gulung sebelum dimasukkan ke dalam oven.

Dough Divider, biasa disebut mesin pembagi adonan. Fungsinya untuk membentuk dan memecahkan adonan roti gulung sehingga ukurannya merata. Oven, berfungsi untuk memanggang sebagai langkah terakhir dalam membuat roti gulung.

3. Siapkan alat pendukung dalam cara membuat roti gulung

Berbagai alat pendukung lain juga dibutuhkan seperti loyang, pemotong, cetakan dan lain-lain. Harga setiap mesin di atas bervariasi tergantung pada jenisnya, sebagai ilustrasi harganya adalah antara 6 juta-15 juta.

Bahwa dengan modal yang bisa mencapai 50 juta, tentu saja untuk bisnis rumahan, nominalnya akan sangat tinggi 50 juta.

Tips Roti Tebu Untuk Bisnis Rumahan

sebenarnya kita bisa membuka bisnis ini hanya dengan cara yang sederhana dengan hanya oven roti yang digulung, sementara peralatan lain dapat memanfaatkan peralatan yang biasanya sudah tersedia di rumah seperti mixer dan alat-alat lainnya.

Karena pada dasarnya mesin-mesin di atas hanya bertugas membantu mempersingkat proses produksi walaupun mesin-mesin ini akan tetap dibutuhkan jika kemampuan produksi roti gulung Anda tidak mencukupi karena permintaan pasar yang cukup besar.

Kesimpulan:

Membuat roti gulung sendiri dapat memberikan pengalaman tersendiri dalam membuat makanan. Apalagi dalam membuat roti gulung sangat mudah dengan bahan-bahan yang mudah didapat dan dengan harga murah akan sangat menyenangkan.

Apalagi roti gulung sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia, tentu saja akan bisa dijadikan lapangan kerja bagi kita untuk menghasilkan pendapatan.

Manfaat Bisnis Roti Canai

Target pasar untuk memulai bisnis jual beli roti gulung adalah dari segala usia, dari anak-anak hingga orang tua dan cocok juga untuk semua kelompok, baik siswa, kelas menengah ke bawah dan karyawan kantor.

Semua itu karena harga roti gulung cukup murah dan cocok untuk semua kalangan ekonomi. Lebih menarik lagi, roti gulung ini juga dapat disajikan kapan saja tanpa harus menunggu saat-saat tertentu tidak seperti kue ulang tahun dan lainnya. Anda bisa juga service AC rutin di service ac jogja. Sekian dan terima kasih.

Analisa Usaha Alat Pesta Pernikahan Pada Jasa Catering

Semakin berkembang bisnis di bidang catering nasi kotak di Jakarta, wedding organizer, dan lainnya yang membutuhkan peralatan yang tidak sedikit, membuat banyak orang ingin...
Dirst Darin
1 min read

Ini dia Keuntungan Pesan Nasi Kotak Di Bogor?

Jamuan makan memang merupakan salah satu hal yang wajib ada untuk keberlangsungan sebuah acara. Kamu tentu memahami kalau urusan perut tidak bisa diganggu gugat....
Dirst Darin
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *